Senin, 03 November 2008

Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 17

MATA PELAJARAN : Produktif Penjualan

KELAS/SEMESTER : XII / 1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan

KODE KOMPETENSI : PDG.OO 02.043.01

ALOKASI WAKTU : 152 X 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Menganalisis/mengevaluasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan.

2. Mendorong pelanggan meningkatkan volume pembelian atau frekuensi pembelian

· Hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan disiapkan

· Daftar umpan balik tentang permintaan baru pelanggan dicatat/dikumpulkan

· Pola penggunaan produk oleh pelanggan dipelajari.

· Pelanggan yang volume dan atau frekuensi penggunaannya masih rendah disarankan menambah atau meningkatkan frekuensi penggunaan produk.

· Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, khususnya bagian III tentang hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha.

· Memahami perilaku pelanggan

· motivasi pelanggan dalam penggunaan produk

· Membaca materi yang relevan

· Membaca Undang-undang no 8 tahun 1999

· Mengidentifikasi butir-butir perjanjian mengenai hubungan dengan pelanggan secara simulasi

· Mengidentifikasi permintaan baru pelanggan secara simulasi

· Membaca materi yang relevan

· Mengidentifikasi pola-pola penggunaan produk oleh pelanggan

· Mensimulasikan aktivitas memotivasi pelanggan

· Tes tertulis

· Tes praktik

· Tes tertulis

· Tes Demontrasi

32

32

16

16

8

8

· UU Nomor 8 tahun 1999

· P.O.S dari perusahaan

· Modul Penjualan

· Materi dari internet

NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 17

MATA PELAJARAN : Produktif Penjualan

KELAS/SEMESTER : XII / 1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan

KODE KOMPETENSI : PDG.OO 02.043.01

ALOKASI WAKTU : 152 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

3. Menawarkan produk lain (penjualan silang) yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan

4. Menindaklanjuti permintaan lain dari pelanggan

§ Daftar kebutuhan dan keinginan pelanggan terkait dengan produk yang relevan disiapkan

§ Produk lain yang akan ditawarkan didaftar kelebihannya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan baru pelanggan.

§ Permintaan baru dari pelanggan dicatat dalam formulir pemesanan

§ Pesanan/permintaan baru pelanggan dikonfirmasi ulang

§ Formulir pemesanan ditandatangani oleh pelanggan

§ Menjelaskan kebutuhan pelanggan

§ Menjelaskan jenis dan macam produk yang ditawarkan

§ Menjelaskan Standar mutu produk yang dipakai perusahaan untuk menghasilkan produk.

§ Menjelaskan tata cara pencatatan formulir pesanan pelanggan

§ Menjelaskan komunikasi dan negosiasi

§ Menjelaskan pengisian formulir pesanan pelanggan

· Membaca materi yang relevan

· Membuat daftar jenis dan macam produk yang ditawarkan

· Mengidentifikasi standar mutu produk yang dipakai perusahaan untuk menghasilkan produk yang ditawarkan

· Mengidentifikasi kelebihan – kelebihan produk yang ditawarkan

· Membaca materi yang relevan

· Melakukan simulasi pencatatan permintaan baru dari pelanggan pada formulir pesanan pelanggan

· Mendemontrasikan negosiasi dengan pelanggan untuk konfirmasi ulang tentang pesanan baru

· Tes tertulis

· Tes praktik

· Pembuatan format penjualan

· Pengisian format

· Simulasi

· Tes Demonstrasi

48

40

24

20

12

10

·

Tidak ada komentar: