Senin, 03 November 2008

Melakukan Negosiasi

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK Negeri 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Produktif Penjualan

KELAS/SEMESTER : XI / 1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Melakukan Negosiasi

KODE KOMPETENSI : PDG.OO 02.028.01

ALOKASI WAKTU : 114 X 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Memberikan tanggapan terhadap keberatan yang muncul dari calon pelanggan

§ Keberatan tersebut ditanggapi dengan menunjukkan sikap simpati dan empati

§ Target pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya

§ Keberatan calon pelanggan diidentifikasi berdasarkan jenis dan tingkatannya

§ Setiap keberatan ditampung dan dan disalurkan dalam proses tawar-menawar

§ Perilaku konsumen

§ Pelayanan pelanggan

§ Membaca materi yang relevan

§ Membaca materi Etika dan etiket dalam berkomunikasi

· Tes tertulis

· Tes praktik

15

9

14

· Modul melakukan Negosiasi

2. Melakukan proses tawar menawar dengan calon pelanggan

§ Calon pelanggan ditekankan tentang keunggulan produk dan perbandingan produk dengan produk pesaing

§ Kelemahan produk dikemas sehingga tidak signifikab

§ Alternatif solusi terhadap keberatan dan kesulitan yang dihadapi oleh calon pelangagan diidentifikasi dan disusun

§ Batasan wewenang negosiasi yang dimiliki harus dikethui , dipahami dan dikonfirmasikan kepada pimpinan

§ Pengetahuan tentang produk

§ UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

§ Membaca materi yang relevan

· Membaca Pengetahuan tentang produk

· Membaca UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

· Tes tertulis

· Tes praktik

15

9

14

· Modul melakukan Negosiasi

· UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen

3. Memotivasi, meyakinkan, dan mendorong calon pelanggan ke arah kesepakatan

§ Ketertarikan target pelanggan terhadap produk dipertahankan

§ Target pelanggan diarahkan untuk melangkah maju ke tahap kesepakatan

§ Target pelanggan diberikan alternatif akses informasi untuk negosiasi lebih lanjut, seperti pihak pimpinan

Motivasi pelanggan

Perilaku konsumen

§ Membaca materi yang relevan

·

· Tes tertulis

· Tes praktik

15

9

14

· Modul melakukan Negosiasi

Tidak ada komentar: