Senin, 03 November 2008

Melakukan Penyerahan / Pengiriman Produk

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Produktif Penjualan

KELAS/SEMESTER : XI / I dan II

STANDAR KOMPETENSI : Menagih Pembayaran (Hasil Penjualan)

KODE KOMPETENSI : PDG.00 02.037.01

ALOKASI WAKTU : 114 X 45 Menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Mengidentifikasi

Klausul-klausul

Perjanjian

· Klausul-klausul perjanjian dibaca dan dipelajari kembali, seperti jatuh tempo pembayaran, sanksi keterlambatan pembayaran, dan sebagainya

· Pembayaran pelanggan dikonfirmasikan ke bagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli.

· Daftar pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk kemudahan menghubungi pelanggan

· Arti klausul perjanjian jual beli

· Arti Perjajian Jual beli

· Manfaat Format-format perjanjian jual beli

· Pembuatan draf perjanjian

· Penyusunan Isi klausul perjanjian

· Pemahaman Isi dari klausul

· Perubahan Isi klausul perjanjian

· Penandatangan Perjanjian jual beli

· Pendahuluan dengan pemberian pretes dan motifasi siswa serta mereview pelajaran lalu

· Memberikan penjelasan materi tentang : Klausul Perjanjian Jual beli antara perusahaan denngan pelanggan, isi klausul perjanjian kepada pelanggan, Kesepakan klausul perjanjian jual beli

· Praktik pengisian format dan surat perjanjian.

· Memberikan kesempatan untuk bertanya

· Menutup pelajaran dengan Menyimpulkan materi pelajaran dan pemberian post tes

· Pemberian tugas dan studi kasus kepada siswa

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

· Tes Praktik pembuatan Surat Perjanjian

28

6

4

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran Produktif penjualan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· Format perjanjian Jual beli

· UU. Nomor 8 tahun 1999

· S.O.P dari perusahaan

2. Melakukan kontak

dengan pelanggan

· Daftar pelanggan yang telah disusun , disiapkan dan diperiksa kembali

· Pelanggan dihubungi dengan menggunakan komunikasi lisan dan tertulis sesuai dengan prosedur perusahaan

· Pelanggan diingatkan kembali mengenai klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran.

· Arti Komunikasi lisan dan tertulis.

· Klausul perjanjian berkaitan dengan pelanggan

· Cara menyusun dan memeriksa daftar pelanggan

· Kontak dengan pelanggan melalui alat komunikasi

· Tata cara berkomunkasi dengan para pelanggan

· Pendahuluan dengan merivew pelajaran lalu melalui pre test, dan memberikan motifas lepada siswa

· Memberikan penjelasa tentang :

· Arti Komunikasi lisan dan tertulis

· Cara berkemunikasi dalam menghadapi Konsumen

· Klausul perjanjian yang berkaitan dengan pelanggan

· Cara melakukan kontak dengan pelanggan melalui alat komunikasi

· Praktik berkomunikasi

· Pemberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan melakukan diskusi

· Simulasi melakukan kontak dengan pelanggan

· Menutup pelajaran dengan pemberian post tes dan menyimpulan materi

· Pemberian tugas dengan studi kasus.

· Membuat daftar pelanggan dengan format yang sudah ddiberikan.

· Tes tertulis

· Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

28

10

-

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· UU. No. 8 tahun 1999

· S.O.P dari peruahaan

· Format – format Perjanjian jual beli

· Petunjuk penggunaan alat keominikasi

3. Melakukan proses

penagihan

· Waktu dan metode pembayaran ditentukan berdasarkan kesepakatan

· Jumlah pembayaran beserta denda (jika ada) dihitung dan disampaikan kepada pelanggan

· Pelanggan diminta untuk menyerahkan atau mengirimkan bukti pembayaran (apabila pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga)

·

· Sistem atau cara-cara pembayaran

· Klausul-klausul dalam perjanjian jual beli

· Prosedur administrasi penjualan.

· Penentuan waktu dan metode pembayaran berdasarkan kesepakatan

· Menghitung Jumlah pembayaran beserta denda pelanggan

· Cara penyampaian Jumlah pembayaran dan denda kepada pelanggan.

· Prosedur pemberian bukti pembayaran oleh pelanggan yang pembayarannya dilakukan oleh pihak ketiga.

· Pendahuluan

· Pemberian pre test

· Pemberian motifasi belajar

· Merivew pelajaran yang sudah diberikan

· Menjelaskan materi secara kronologis dengan berbagai metode pembelajaran.

· Menjelaskan sistem pembayaran, klausul perjanjian jual beli, prosedur administrasi penjualan, penetuan waktu dan metode pembayaran, mengitung jumlah dan denda pembayaran , prosedur pemberian bukti pembayaran oleh pelanggan yang pembayarannya oleh pihak ketiga.

· Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya

· Memberikan latihan

· Menyimpulkan materi sub kompetensi proses penagihan

· Memberikan tugas dengan studi kasus proses penagihan

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil penugasan dalam bentuk portofolio

26

8

4

·














SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK SMK 17 Jakarta

MATA PELAJARAN : Produktif Penjualan

KELAS/SEMESTER : X / I dan II

STANDAR KOMPETENSI : Melakukan Penyerahan / Pengiriman Produk

KODE KOMPETENSI : PDG.OO 02.36.01

ALOKASI WAKTU : 152 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Mempersiapkan

barang yang akan

diserahkan atau

dikirim .

· Daftar spesifikasi produk yang dibeli pelanggan diidentifikasi sesuai dengan pejanjian yang telah disepakati.

· Produk yang dibeli pelanggan dipersiapkan dan didkemas sesuai dengan prosedur peruahaan

· UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen pasal 4

· Identifikasi produk yang dibeli pelanggan

· Kemasan yang akan digunakan untuk mengemas produk yang dibeli sesuai ketentuan

· Tata cara pengemasan produk

· Surat atau bukti pengiriman yang harus dipersiapkan

· Pendahuluan

· Penjelasan Materi

· UU No. 8 Tahun 1999

· Identifikasi produk yang

dibeli pelanggan

· Kemasan yang

digunakan untuk

membungkus produk

yang dibeli pelanggan

· Tata cara pengemasan

produk

· Surat- bukti yang

digunakan untuk

pengiriman barang

· Pemberian kesempatan

kepada siswa

· Menutup pembelajaran

dengan menyimpulkan

dan memeberikan post

tes

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

26

10

4

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· UU. No. 8 tahun 1999.

· S.O.P perusahaan untuk pengirman produk kepada pelanggan

2. Melakukan proses

penyerahan

produk yang dibeli

pelanggan .

· Produk yang dibeli pelanggan dihitung harganya dengan tidak menggunakan atau menggunakan alat hitung.

· Total harga produk diberitahukan kepada pelanggan , atau pelanggan diperlihatkan hasil perhitungan harga

· Uang pembayaran dari pelanggan diterima, uang sisa pembayaran dikembalikan kepada pelanggan apabila ada sisa pembayaran

· Struk , bon, atau kwitansi diisi sesuai dengan jumlah harga yang dibayarkan pelanggan.

· Struk , bon, kwitansi diserahkan kepada pelanggan,

· Kalkulasi perhitungan total harga baik tidak menggnakan atau menggunakan alat hitung

· Cara menggunakan alat hitung manual atau elektronik

· Tata cara pengisian bukti-bukti perhitungan harga pokok.

· Tata cara menerima dan mengembalikan uang sebagai pembayaran dari konsumen

· Tata cara pengisian formulir transaksi penjualan.

· Menjelaskan kalkulasi perhitungan harga baik tidak menggunakan atau menggunakan alat hitung

· Praktik menghitung dengan menggunakan alat hitung manual dan elektronik.

· Praktik tata cara menghitung bukti perhitungan harga pokok

· Menjelaskan tata cara menerima dan mengembalikan uang sebagai pembayaran dari konsumen

· Tata cara pengisian formulir transaksi penjualan .

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

· Praktik pengisian format transaksi

32

10

8

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

· S.O.P

· UU. No. 8 tahun 1999

· Kode etik dari APLI

3. Melakukan proses

pengiriman produk

yang dibeli pelang-

gan .

· Alat pengiriman dipersiapkan sesuai dengan prosedur dan kebutuhan

· Formulir pengiriman dipersiapkan sesuai prosedur perusahaan

· Pihak lain yang bertanggung jawab dalam pengiriman barang dihubungi dan diberitahukan jadwal pengiriman barang

· Produk yang dibeli pelanggan dikirim sesuai jadwal yang telah ditetapkan

· Formulir , faktur atau berkas pengiriman barang diserahkan kepada pelanggan / penerima

· Uang pembayaran diterima dari pelanggan .

· Faktur atau formulir asli diserahkan kepada pelanggan, copy faktur atau disimpan sebagai laporan.

· Peralatan yang digunakan untuk mengirim barang

· Sistem distribusi barang

· Administrasi pergudangan

· S.O.P perusahaan untuk pengiriman produk kepada pelanggan

· Formulir pengiriman dan penerimaan barang

· Tata cara penerimaan pembayaran

· Memberikan konfirmasi kepada pihak yang bertanggung jawab dalam pengiriman barang

· Membuat jadwal pengiriman barang

· Pendahuluan

· Penyampaian materi

· Menjelaskan Peralatan yang digunakan untuk mengirim barang

· Memahami prosedur distribusi barang

· Mengetahui administrasi pergudangan

· Mengeti S.O.P perusahaan untuk pengiriman dan penerimaan barang

· Mengetahui pengisian formulir pengiriman dan penerimaan barang

· Memahami tata cara penerimaan pembayaran

· Mengetahui konfirmasi kepada pihak yang bertanggung jawab dalam pengiriman barang

· Menyusun jadwal dalam pengiriman barang

· Tes tertulis

· Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

· Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio

42

10

10

· Modul bahan ajar

· Instrumen penilaian produktif penjualan

· Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa

· Buku referensi yang relevan

4. Melakukan konfirmasi kepada pelanggan mengenai produk yang dikirim

· Pelanggan dikonfirmasikan untuk memastika apakah produk yang telah diterima telah sesuai dengan perjanjian

· Kelengkapan formulir pengiriman produk diperiksa kembali .

§ Menjelaskan pengetahui komunikasi efektif yang berkaitan dengan barang yang telah diterima

§ Menjelaskan kelengkapan formulir pengiriman produk

1. Mengetahui komunikasi efektif yang berkaitan dengan barang yang telah diteima

2. Menetukan kelengkapan formulir pengiriman produk

§ Tes tertulis

§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

18

SILABUS

NAMA /SEKOLAH : SMK 17 Jakarta

MATA DIKLAT : PRODUKTIF PENJUALAN

KELAS/SEMESTER : X/1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Melakukan Proses administrasi Transaksi

KODE KOMPETENSI : PDG. OO 02.034.01

ALOKASI PEMELAJARAN : 114 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

1. Menyiapkan

formulir atau

berkas-berkas

administrasi.

· Daftar formulir atau berkas-berkas administrasi diidentifikasi sesuai dengan prosedur perusahaan

· Formulir atau berkas-berkas administrasi dipersiapkan sesuai dengan daftar yang telah ditetapkan

· Formulir atau berkas-berkas administrasi diperiksa kembali kelengkapannya

§ Langkah-langkah prosedur penyiapan formulir atau berkas-berkas administrasi

§ Jenis dan macam serta kelengkapannya formulir atau berkas-berkas administrasi

§ Kelengkapan formulir berkas-berkas administrasi

§ Macam-macam formilir atau berkas administrasi

1. Pendahuluan

1.1 Pre test

1.2 Motifasi

1.3 Mereview

2. Memberikan materi

2.1 Mengerti langkah

langkah

penyiapan

formulir atau ber

kas-berkas admi

nistrasi

2.2 Mengetahui jenis

macam serta ke

lengkapan formu

lir atau berkas-

berkas

administrasi

2.3 Mengetahui ke

lengkapan formu

lir atau berkas

administrasi

2.4 Mengetahui ma-

cam-macam for

mulir atau ber-

kas administrasi

3. Memberikan

kesempatan untuk

bertanya.

4. Menyimpulkan materi

5. penutup dengan test

§ Tes tertulis

§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

20

5

4

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

§ S.O.P dari perusahaan

2. Menjelaskan

kepada pelanggan

mengenai formulir

atau berkas-berkas

administrasi yang

diperlukan

· Bahasa yang baik dan mudah dimengerti digunakan dalam menjelaskan formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan

· Isi dan kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan telah dimengerti oleh pelanggan

§ Menjelaskan langkah langkah prosedur penyiapan formulir atau berkas-berkas administrasi

§ Menjelaskan jenis dan macam serta kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi

1. Mengerti langkah-langkah prosedur penyiapan formulir atau berkas-berkas administrasi.

2. Mengetahui jenis dan macam serta kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi

3. Memahami Isi dan kelengkapan formulir

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan mengguna-kan instrumen dalam bentuk portofolio

23

6

-

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

S.O.P dari perusahaan

3. Mengisi formulir

atau berkas- berkas

administrasi yang

diperlukan

· Pengisian formulir atau berkas-berkas administrasi diketahui oleh pelanggan

· Isi formulir atau berkas berkas administrasi disetujui oleh pelanggan

§ Menjelaskan pengisian formulir atau berkas berkas administrasi diketahui oleh pelanggan

§ Menjelaskan S.O.P perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan

· Pendahuluan

· Penyampaian materi

· Memahami cara pengisian formulir formulir atau berkasadministrasi diketahui oleh pelanggan

· Mengetahui S.O.P perusahaan perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan.

§ Tes tertulis

§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

16

8

4

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

S.O.P dari perusahaan

·

§

3.

6

4

§ Modul tentang administrasi Tranasaksi

§ Format dan purmulir atau berkas administrasi

§ Buku- buku yang relevan

§ UU. No. 8 tahun 1999

§ Kode etik dari APLI

S.O.P dari perusahaan

Tidak ada komentar: